Mengenal Dinding Beton Precast

Dinding Beton Precast

Seiring dengan kemajuan teknologi bidang konstruksi bangunan gedung yang semakin berkembang mulai beralih ke metode yang lebih praktis. Banyak variasi-variasi pilihan bahan material dan sistem pelaksanaan yang dapat digunakan untuk berbagai macam pekerjaan. Salah satu dari hasil dari sebuah inovasi di bidang pembangunan adalah adanya dinding beton precast atau dinding pracetak.

Produk dinding precast concrete dinilai sebagai solusi pada permasalahan saat ini untuk mendukung peningkatan produktivitas pekerjaan pada sebuah proyek konstruksi. Dijaman sekarang ini, sektor industri konstruksi sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Tidak hanya mementingkan pada sisi kekuatan dan kestabilan struktur saja, namun juga sangat diperhatikan dari segi ekonomis, praktis dan juga ketepatan waktu pengerjaan. Penggunaan beton pracetak dalam perencanaan struktur di suatu gedung atau bangunan lainya merupakan salah satu pilihan alternatif untuk mencapai tujuan tersebut.

Apa Itu Dinding Beton Precast?

Beton precast (pra cetak) adalah sebuah inovasi produk beton mutakhir pada bidang konstruksi struktur beton dengan berbagai macam komponen sebagai penyusunnya terdiri dari material-material seperti pasir, semen dan juga besi. Produk beton tersebut dicetak terlebih dahulu menggunakan sebuah tempat yang khusus (off site fabrication), sedangkan untuk cara penyusunan komponen-komponen tersebut kadang-kadang disusun dan disatukan terlebih dulu (preassembly), setelah itu pemasangan dilakukan saat berada di lokasi (installation).

Dalam sistem pemsangan pada beton pracetak sangat berbeda dari konstruksi monolit (bentukan alami dan baku) terutama pada segi perencanaan hal tersebut tergantung serta ditentukan oleh cara implementasi saat proses pabrikasi, penyatuan beton dan pemasangan beton. Hal lain yang juga menjadi penentunya ialah pada segi teknis perilaku sistem pracetak bagaimana cara melakukan penyambungan antara komponen joint-nya. Beton jenis ini biasanya digunakan oleh struktur bangunan dengan tingkat rendah sampai menengah.

Keunggulan pada Beton pracetak diantaranya dapat dipasang dalam waktu cepat dan mempunyai kualitas yang sangat baik dari segi struktur (kekuatan dan kekakuannya), serta dari segi arsitektur (kerapihan dan keindahan). Kebanyak produk beton precast merupakan untuk komponen-komponen yang berulang (repetitif), sehingga hanya dibuat satu buah sebagai contoh, jika hasilnya memuaskan akan dikerjakan yang lainnya dengan kualitas beton yang sama dan cara yang sama pula.

Teknologi pembuatan produk beton pracetak telah lama diketahui bisa digunakan untuk menggantikan operasi pembetonan yang tradisional yang dilakukan di lokasi proyek pada beberapa macam konstruksi karena beragam potensi manfaat yang dimilikinya. Beberapa hal yang dipercayamenjadi keunggulan lebih dari produk beton precast ini diantaranya terkait dengan waktu yang efisien, harga beton precast terbaru lebih murah dari jenis lainya, kualitas lebih bagus, predictability, keandalan disegala cuaca, produktivitas, kesehatan, keselamatan, lingkungan, koordinasi, inovasi, reusability dan juga relocatability.

Cara Pemasangan Dinding Beton Precast

pelaksanaan dinding beton precast

Dinding beton precast atau dinding beton pracetak, sering juga disebut dengan naman panel wall. Metode pelaksaan dinding beton precast pada konstruksi bangunan gedung dan bangunan lain, akan dijelaskan dibawah ini :

  1. Sebelum dinding beton mulai dipasang dengan menggunakan alat tower crane di lokasi pemasangan, diperlukan beberapa alat bantu seperti chain block, adjustable dan tekel yang harus dipersiapkan.
  2. Gantung tekel menggunakan chain block, kemudian kaitkan di lift hook yang sudah tertanam di struktur bangunan.
  3. Setelah semua peralatan yang dibutuhkan sudah siap, lakukanlah pemasnagan embeded sebagai sambungan dinding pracetak dengan lantai dilokasi bangunan.
  4. Gunakan tower crane untuk menaikan dinding precast pracetak ke titik yang anda maksud.
  5. Setelah mencapai titik yang dimaksuk dengan sempurna, pindahkan dinding pracetak dari tower crane.
  6. Selanjutnya dinding tersebut anda setting menggunakan adjustable dan tekel. Jika sudah mendapat settingan yang tepat, pasanglah dynabolt pada embeded dengan cara di las.
  7. Bila pengelasan sudah selesai, periksa kembali apakah posisi dinding beton berubah atau sudah sempurna.
  8. Langkah terkahir, lepaskan tekel yang anda gunakan untuk menggantung dinding precast dan ulangi langkah-langkah diatas.

Bila membaca dari artikel ini, pemasangan dinding precast terlihat mudah dilakukan. Namun faktanya pemasangan tersebut bukan hal yang mudah. Tidak jarang pemasangan kurang tepat karena posisi dinding mengalami perubahan saat proses pengelasan. Jika anda belum mahir dalam pemasangan, disarankan biar orang yang sudah ahli saja yang mengerjakanya.

Itulah yang dapat saya sampaikan di artikel ini mengenai apa itu dinding beton precast serta cara pemasangan pada proyek bangunan. Semoga berguna informasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *