Harga Beton Ready Mix Jogja

Harga Beton Ready Mix Jogja

Harga Beton Ready Mix Jogja – Salah satu kelebihan menggunakan olahan beton ready mix adalah jaminan mutu yang dihasilkannya. Pasalnya, beton cor ready mix dibuat dari formula bahan yang ditentukan oleh para ahli mixing. Bahan-bahan tersebut terdiri dari agregat mineral berupa kerikil dan pasir, serta menggunakan semen dan juga air sebagai perekatnya.

Beton ready mix dijual dengan harga yang cukup beragam tergantung pihak penyedianya. Jika Anda mencari supplier beton cor ready mix untuk wilayah Jogja, maka kami siap memberikan layanan terbaik untuk Anda. Harga beton ready mix di Yogyakarta yang kami tawarkan juga relatif murah dibanding supplier lainnya.

Pengertian Ready Mix Concrete

Seperti pada penjelasan sebelumnya bahwa beton ready mix adalah beton yang terbuat dari campuran material seperti pasir dan kerikil ditambah dengan perekat berupa semen dengan takaran yang sesuai. Proses ini dilakukan di Batching Plant dan menghasilkan beton cor dengan mutu tertentu yang siap digunakan dan didistribusikan ke lokasi proyek.

Dengan menggunakan beton ready mix, kualitas beton bangunan dapat terjaga kualitas dan mutunya. Salah satu bahan tambahan yang dimasukkan dalam pembuatan beton ready mix adalah Admixture. Jika menggunakan cara konvensional (manual), adonan beton biasanya dibuat oleh pekerja proyek yang terkadang memberi takaran yang hanya sesuai selera.

Hal itu membuat mutu beton baik jika takarannya pas atau bisa saja menjadi tidak optimal jika takaran yang diberikan serta kualitas bahan yang dipilih tidak sesuai. Proses itulah yang menjadikan harga ready mix per m3 lebih mahal dari yang konvensional. Oleh karena itu, jika Anda menghendaki pembuatan cor untuk proyek konstruksi yang akan dikerjakan, maka kami siap menyediakan pelayanan pembuatan beton cor ready mix dengan kualitas terbaik.

Mutu Beton

Mutu beton merujuk pada kekuatan tekan beton tiap satuan luasnya. Ada 2 metode yang digunakan dalam menentukan mutu beton, yaitu metode FC’ dan metode karakteristik.

1.     Metode FC’

Metode ini merupakan bentuk pengujian mutu beton menggunakan sampel beton berbentuk silinder dengan diameter 15 cm dan tinggi 30 cm. Sampel ini nantinya akan dimasukkan ke dalam alat pengujian berupa mesin press yang akan memberi tekanan pada sampel tersebut dengan kekuatan tertentu.

Nilai tekanan maksimal yang dilakukan sampai beton itu hancur menunjukkan mutu dari beton tersebut. Metode ini merupakan standar yang ditetapkan oleh SNI 2002 tentang struktur beton bangunan yang juga merujuk pada standar ACI (American Concrete Institute). Metode ini biasanya menghasilkan nilai mutu yang diukur dengan satuan Mpa (1 Mpa = 10 kg/cm²).

2.     Metode Karakteristik

Metode penghitungan mutu beton yang kedua ini merupakan standar dari Eropa lama, namun masih terus digunakan hingga saat ini. Beberapa tahapan yang perlu dilakukan untuk melakukan pengujian dengan cara ini adalah sebagai berikut:

  • Masukkan campuran beton ke dalam cetakan berbentuk kubus berukuran 15x15x15 cm.
  • Setelah 2 hari, buka cetakan tersebut dan rendam sampel beton ke dalam air. Masukkan sampel dengan waktu yang berbeda, yaitu sampel yang direndam selama 7 hari, 14 hari, 21 hari, hingga 28 hari.
  • Selanjutnya, angkat sampel yang sudah direndam dengan lama waktu yang berbeda tersebut.
  • Lakukan pengujian dari masing-masing sampel. Nantinya, sampel akan memiliki hasil yang berbeda dan akan berpengaruh pada mutu yang dihasilkan.
  • Maka dari itu, perlu dilakukan perhitungan standar deviasi untuk memastikan mutu yang dihasilkan apakah sudah memenuhi standar atau belum.

Klasifikasi Mutu Beton

Dari hasil pengukuran mutu beton, nantinya akan diketahui kuat tekan beton dan dapat mengklasifikasikan mutu menjadi beberapa level, yaitu K150, K175, K200,K250, dll. Dari klasifikasi tersebut dapat ditentukan peruntukan beton tersebut, mulai dari beton non-struktural, beton struktural, atau beton prategang.

Dalam pembangunan sebuah konstruksi, pemilihan mutu beton sangat penting dilakukan. Untuk itu, diperlukan proses pencampuran dan pengujian agar proses pembuatan beton lebih maksimal. Bagi Anda yang ingin melakukan pembangunan di wilayah Jogja, jangan ragu untuk menghubungi kami dengan harga ready mix beton Jogja juga bersahabat, mulai dari Rp680.000,- hingga Rp990.000,-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *